Avatar for ayiz

inseminasi buatan dan bayi tabung berbeda?

inseminasi buatan dan bayi tabung berbeda?

Program bayi tabung atau dikenal dengan in vitro fertilazion (IVF) sangat bermanfaat bagi pasangan yang bermasalah untuk memiliki anak. Selain program bayi tabung, prosedur reproduksi medis lainnya dapat dilakukan dengan inseminasi buatan atau artifical insemination (AI). Tentunya dengan dua cara medis tersebut, merupakan solusi terbaik bagi pasangan yang mengalami permasalahan mengenai kesuburan.

inseminasi buatan

inseminasi buatan

Namun, apa saja perbedaan antara IVF dan AI? Tentunya ini menjadi salah satu pertanyaan bagi pasangan yang ingin mencoba dua cara medis terbut. Berikut penjelasan mengenai perbedaan mendasar antara program bayi tabungdan inseminasi buatan, yaitu :
Program bayi tabung merupakan prosedur yang lebih kompleks, yang melibatkan sperma dan sel telur dari pasangan. Di mana sperma dan sel telur tersebut diletakan dalam cawan petri agar terjadi pembuahan. Setelah sel telur dibuahi dan membentuk embrio, maka embrio tersebut ditanam ke dalam rahim setelah 5 hari pembuahan terjadi. Sementar inseminasi buatandilakukan dengan menempatkan sperma yang berkualitas ke dalam rahim.
Program bayi tabung tidak tergantung pada siklus ovulasi wanita, namun siklus ovulasi akan tetap diperiksa agar dapat mengekstrak sel telur matang yang akan di fertilisasi. Sementara inseminasi buatan sangat bergantung dan menyesuaikan waktu ovulasi pasien wanita untuk mengetahui tingkatan keberhasilan.
Pada program bayi tabung pembuahan terjadi di luar rahim, saat pembuahan telah tejadi pada cawan maka embrio tersebut akan ditanam kembali di dalam rahim. Berbeda dengan inseminasi buatan pembuahan terjadi di dalam rahim, namun pasien harus melakukan pemeriksaan kehamilan 2 minggu setelah melakukan inseminasi buatan, untuk mengetahui keberhasilan dari prosedur ini.
Tingkat keberhasilan program bayi tabung lebih tinggi dibandingkan menggunakan prosedur inseminasi buatan.
Inseminasi buatan lebih banyak diminati beberapa pasangan karena harganya yang relatif murah dibandingkan menggunakan program bayi tabung.
Tentunya perbedaan antara program bayi tabung dan inseminasi buatan tersebut dapat dipertimbangkan bersama pasangan. Namun, usaha untuk mengatasi permasalahan kesuburan akan Anda dan pasangan dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli, agar mendapatkan solusi yang terbaik untuk segera mendapatkan anak.

#inseminasi buatan