Avatar for Mas Fahril

Penyakit Kudis : Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Penyakit Kudis : Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya
Apa itu penyakit kudis atau scabies?

Kudis bukanlah infeksi, tetapi kutu. Tungau kecil yang disebut Sarcoptes scabiei mendirikan sarang di lapisan luar kulit manusia. Sebagai tungau liang dan bertelur di dalam kulit, kutu menyebabkan gatal tanpa henti dan bentol merah.

Kudis

Kudis

kutu kudis 300x203 Penyakit Kudis : Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya
Gejala penyakit kudis

Ketika seseorang menderita penyakit kudis untuk pertama kalinya, akan memakan waktu empat sampai enam minggu untuk kulit bereaksi. Gejala yang paling umum adalah:

Rasa gatal, terutama pada malam hari
Bentol / bintil merah seperti jerawat
Kulit lecet atau melepuh
Kulit luka yang disebabkan oleh garukan

gambar infeksi kudis 300x203 Penyakit Kudis : Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya
Kudis atau penyakit kulit lain?

Pada tahap awal, identifikasi penyakit kulit kudis dapat keliru dengan kondisi kulit lainnya karena bintik bentol merah yang terlihat mirip. Gambar dibawah ini membandingkan jerawat, gigitan nyamuk, dan kudis. Apa yang membuat kudis berbeda adalah gatal tanpa henti. Gatal biasanya paling parah pada anak-anak dan orang tua.

beberapa iritasi kulit 300x203 Penyakit Kudis : Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya
Liang kutu kudis

Ciri lain dari kudis adalah munculnya liang seperti jalur di kulit. Garis-garis mengangkat biasanya putih keabu-abuan atau kulit berwarna. Mereka dibuat ketika terowongan tungau betina tepat di bawah permukaan kulit. Setelah membuat liang, setiap betina akan bertelur 10 sampai 25 telur.

ciri liang kutu kudis 300x203 Penyakit Kudis : Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya
Dimana kutu kudis hidup?

Tungau kudis dapat hidup di mana saja pada tubuh, tetapi beberapa tempat favorit mereka termasuk:

Antara jari-jari
Lipatan pergelangan tangan, siku, atau lutut
Sekitar pinggang dan pusar
Pada payudara atau alat kelamin
Kepala, leher, wajah, telapak tangan, dan telapak kaki pada anak-anak yang sangat muda
Selangkangan atau pangkal paha

Dapatkah tungau kudis terlihat?

Kebanyakan orang dengan invasi kutu kudis hanya membawa 10 sampai 15 tungau pada waktu tertentu, dan panjang masing-masing tungau kurang dari setengah milimeter. Hal ini membuat mereka sangat sulit untuk dilihat. Dengan mata telanjang, mereka mungkin terlihat seperti titik-titik hitam kecil pada kulit. Sebuah mikroskop dapat mengidentifikasi tungau, telur, atau kotoran pada bentol / bintil merah di kulit.
Bagaimana penyakit kudis dapat menyebar?

Penyebaran kudis biasanya membutuhkan waktu yang lama, kontak kulit-ke-kulit yang memberikan waktu tungau merangkak dari satu orang ke orang lain. Barang-barang pribadi bersama, seperti tempat tidur atau handuk, mungkin bisa menjadi penyebab. Kudis dapat ditularkan dengan mudah antara anggota keluarga atau pasangan seksual. Tetapi tidak mungkin untuk menyebar melalui jabat tangan cepat atau pelukan. Tungau kudis tidak bisa melompat atau terbang, dan merangkak sangat lambat.
Dapatkah hewan peliharaan menularkan kutu kudis?

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapt menderita penyakit kudis juga. Namun, kudis anjing dan kudis kucing tidak disebabkan oleh jenis tungau yang sama yang memicu kudis manusia. Anda bisa mendapatkan tungau ketika menangani hewan peliharaan, tetapi tungau ini tidak dapat bereproduksi pada kulit manusia. Ini berarti mereka biasanya mati tanpa menimbulkan gejala serius.
Komplikasi kudis

Gatal-gatal yang terus menerus yang disebabkan oleh kudis membuat seseorang tidak dapat menahan untuk menggaruknya. Sering menggaruk dapat membuat luka terbuka yang rentan terhadap infeksi. Infeksi kulit bakteri, seperti impetigo, adalah komplikasi yang paling umum dari kudis. Gejala mungkin termasuk berwarna merah, lecet berair. Jenis infeksi biasanya diobati dengan antibiotik.
Mendiagnosa penyakit kudis

Dalam kebanyakan kasus, dokter dapat mengidentifikasi kudis didasarkan pada munculnya bintik / bentol dan deskripsi gatal Anda. Kadang-kadang luka gores kulit digunakan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Biasanya kulit dari daerah yang terkena dikumpulkan dan menggunakan mikroskop untuk memeriksa sampel untuk tungau, telur, atau kotoran.
Cara mengobati penyakit kudis

Kudis tidak akan pergi dengan sendirinya. Hal ini hanya bisa disembuhkan dengan obat yang membunuh tungau. Pengobatan salep yang dioleskan ke daerah kulit yang terkena kudis sangat dianjurkan, dokter mungkin meresepkan pil untuk mengobati kudis. Pengobatan memakan waktu sampai tiga hari, tergantung pada obat yang digunakan. Kami merekomendasikan untuk memakai obat penyakit kudis yang ampuh untuk membunuh kutu kudis dan obat ini akan meminimalisir rasa gatal dalam masa penyembuhan sehingga penyebaran kutu kudis dapat dicegah.
Membersihkan sarang tungau kudis

Tungau kudis dapat hidup dua sampai tiga hari pada permukaan pakaian, selimut, atau handuk. Untuk memastikan tungau ini mati, cucilah setiap lembar dan pakaian yang digunakan oleh orang yang menderita kudis dalam tiga hari terakhir. Cucilah dalam air panas dan mengeringkannya di pengering panas. Item yang tidak dapat dicuci harus ditempatkan dalam kantong plastik tertutup selama tujuh hari agar kutu kudis mati.