Avatar for ayiz

Petugas BLSM di Pos Bekasi dikejar warga pakai golok

Petugas BLSM di Pos Bekasi dikejar warga pakai golok

Petugas pendistribusian kartu perlindungan sosial (KPS) program bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM), dari kantor Pos Bekasi dikejar warga yang membawa senjata tajam. Diduga, orang tersebut emosi lantaran tak mendapat jatah kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Pos Bekasi

Pos Bekasi

Kepala Kanto Pos Bekasi, Ahmad Mubaidi mengatakan, kejadian itu berlangsung di salah satu kecamatan di Kabupaten Bekasi yang penerima BLSM-nya mencapai 10 ribu kepala keluarga. Dia menceritakan, kejadian berawal ketika petugas yang sedang berboncengan dengan kepala dusun menggunakan sepeda motor dikejar warga menggunakan senjata tajam.

"Petugas sedang boncengan dengan kepala dusun, dikejar-kejar oleh warga membawa golok. Diduga (warga) yang nggak dapat BLSM," kata Ahmad di Bekasi, Rabu (26/06).

Akibat peristiwa itu, petugas batal mendistribusikan KPS yang menjadi syarat utama pengambilan BLSM di kantor pos yang ditunjuk. Pembatalan itu demi alasan keselamatan.

"Jadi kami pulang kembali, kemudian menyiasati dengan door to door (pintu ke pintu)," katanya.

Sistem tersebut, kata dia, dengan bantuan dari pengurus RW menunjukkan langsung rumah penerima KPS. Kemudian, petugas memberikan secara langsung ke rumah penerima itu.

"Takutnya kalau pendistribusian secara bersamaan atau dikumpulkan terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Mengantisipasi yang tak mendapatkan BLSM," tandasnya.

Dia menambahkan, dari 92.293 penerima BLSM di Kabupaten Bekasi, 70 persennya sudah menerima KPS. Sedangkan pendistribusian BLSM sebesar Rp 300.000 dibagikan pada bulan Juli 2013 mendatang.

#Pos Bekasi