Avatar for Mas Fahril

Saham Facebook kini kembali ke harga IPO

Saham Facebook kini kembali ke harga IPO
Butuh setahun lebih sedikit bagi Facebook guna menuju kestabilan setelah mengumumkan IPO setahun lalu. Kini, saham Facebook harganya sama dengan yang mereka tawarkan saat IPO dulu.

Saham

Saham

Seperti yang dilansir oleh Mashable (31/7), saham Facebook kembali ke angka USD 38 per lembar atau sekitar Rp 364 ribu kemarin. Ini merupakan harga saham yang mereka perkenalkan pertama kali dalam setahun lalu.

Adapun pencapaian yang bisa dibilang keberhasilan ini dicapai setelah Bloomberg mengeluarkan penilaiannya mengenai sistem bisnis Facebook. Facebook sendiri menggunakan model komersial mirip televisi sehingga mampu menghasilkan omset sekitar USD 2,5 juta per hari.

Memang, sejak pertama kali melakukan IPO setahun lalu, Facebook merupakan incaran terpanas para investor. Hal ini mengingat besarnya potensi komersialisasi jejaring sosial terbesar dunia ini.

Namun, di tengah upayanya menguasai pengguna mobile, Facebook sempat mengalami masa paceklik. Hal ini dikarenakan para investor masih belum yakin dengan apa yang dilakukan Facebook tersebut.

Memang, sempat saham Facebook melemah hingga USD 17,55 per lembar atau Rp 168 ribu. Namun, hal ini rupanya bisa dijawab dengan baik oleh Zuckerberg dengan sejumlah prestasi.

Kini, sebagian besar omset Facebook memang berasal dari pengguna mobile. Ini yang kemudian menarik kembali kepercayaan para investornya.