Avatar for ayiz

Selecta Malang, Salah Satu Keindahan Kota Malang

Selecta Malang, Salah Satu Keindahan Kota Malang

Travelers yang sering menjadikan Kota Malang sebagai lokasi tetirah bisa dipastikan meletakkan daerah Batu sebagai tujuan utamanya. Batu, yang dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang dan kini berdiri sendiri sebagai kota administratif, memiliki berbagai spot wisata modern terkenal seperti, Jawa Timur Park, Eco Green Park dan Batu Night Spektakuler yang akan penuh sesak di akhir pekan. Untuk kamu yang menyukai suasana tenang sambil menikmati keindahan alam di sekeliling, keramaian semacam ini mungkin akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Mengapa tidak mencoba sejumlah spot wisata legendaris Kota Batu seperti Pemandian Air Hangat Songgoriti, air Terjun Coban Rondo, atau menikmati keindahan taman bunga yang luas dan asri di Taman Rekreasi Selecta?

Selecta Malang

Selecta Malang

Taman Rekreasi Selecta didirikan pada tahun 1930 oleh Ruyter de Wildt di masa pendudukan Belanda. Sesudah era Revolusi berlalu, sejumlah tokoh masyarakat berinisiatif untuk membangun kembali Selecta yang saat itu mengalami kerusakan. Perbaikan itu dilakukan di tahun 1950 dan ke-47 tokoh masyarakat tersebut di kemudian hari dikenal sebagai pendiri Selecta. Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Hatta pernah mengadakan perjalanan singkat ke Malang dan bermalam di Hotel Selecta. Beliau tak lupa menuliskan komentar singkatnya tentang keindahan Selecta dan hingga saat ini komentar Presiden RI pertama dapat kamu jumpai di dinding kamar hotel maupun ruang lobi.

Taman Rekreasi Selecta yang terletak di Desa Tulungrejo, Batu, terdiri dari beberapa bagian. Hotel dan gedung pertemuan, pasar bunga dan buah, pemandian dan restoran yang juga dilengkapi dengan fasilitas permainan serta outbond. Sebagai salah satu lokasi wisata tertua di Kota Batu, Selecta tidak banyak mengalami perubahan. Arsitektur kuno peninggalan jaman Belanda tetap dipertahankan dan berhasil menjadikan Selecta sebagai lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, terutama Belanda, dalam lawatannya ke Indonesia.

Selecta-04

Jika kamu tidak ingin berenang (karena suhu udara disini cukup dingin), kamu bisa menghabiskan waktu untuk berjalan menyusuri bukit yang mengelilingi Selecta dambil menikmati keindahan panorama sekitar. Ada berbagai jenis tanaman bunga dan pelindung di taman bunga Selecta, bahkan beberapa diantaranya merupakan jenis langka. Meski bunga yang bermekaran cukup menggoda, namun kamu harus menahan diri untuk tidak memetiknya karena pengunjung memang tidak diperbolehkan melakukannya.

Seusai berjalan-jalan, kamu dapat mencicipi masakan yang disajikan oleh restoran Bahagia yang menyediakan beraneka ragam menu masakan Indonesia maupun Eropa. Atau memesan satu porsi bakso maupun sate kelinci yang sangat cocok disantap sebagai penghangat tubuh di tengah dingin yang menyengat. Tersedia juga sebuah food court di kawasan Selecta yang menyediakan beraneka ragam makanan dengan harga yang lebih terjangkau.

Gimana, travelers, makin tertarik liburan ke Malang? 🙂

#Selecta Malang